Hal-hal Penting untuk Menjaga Kesehatan Jantung

06:01
Jantung adalah bagian tubuh terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa jantung, manusia tidak mungkin hidup. Memiliki jantung yang sehat adalah harapan semua manusia. Untuk itu kita sebagai manusia harus menjaga kesehatan jantung kita sebelum kita mendapatkan hal-hal yang tidak kita inginkan. Sering merasa stres dalam hidup sehari-hari dapat menyebabkan gangguan pada jantung. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Hal utama yang harus diperhatikan untuk menjaga jantung adalah dengan berolahraga secara teratur. Dengan berolahraga, otot jantung akan terlatih dan anda akan mendapatkan kondisi yang prima. Olahraga tidak harus yang berat, olahraga ringan pun akan sangat membantu kerja otot jantung. Contoh olahraga ringan yaitu senam, jogging atau bisa juga dengan jalan cepat. Olahraga ini dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung. Akan lebih baik jika anda menyempatkan sedikit waktu anda untuk melakukan olahraga ringan setiap harinya. Tidur yang cukup akan membantu menjaga kesehatan jantung anda. Jangan tidur terlalu lama dan juga jangan sampai kurang tidur. Keduanya dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Usahakan jangan sampai anda merasa stres untuk itu tertawalah karena tertawa dapat menurunkan hormon pemicu stres yang ada dalam tubuh kita.

Hal-hal Penting untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Jika anda adalah seorang pecandu perokok maka berhentilah merokok. Rokok mengandung banyak sekali zat yang berbahaya bagi jantung.  Merokok dapat menyebabkan peradangan yang selanjutnya akan meningkatkan kolesterol yang ada dalam jantung. Bagi yang tidak merokok, maka jangan mendekati orang yang sedang merokok karena perokok pasif justru memiliki risiko yang jauh lebih tinggi dari perokok aktif. Selain menghindari rokok, hal lain yang dapat dilakukan yaitu berjemur. Dianjurkan berjemur bukan berarti boleh berjemur kapan saja. Ada waktu yang baik untuk berjemur yaitu sebelum pukul 10 pagi. Berjemurlah dalam waktu kurang lebih 30 menit. Selain cara di atas, menjaga kesehatan jantung juga perlu dilakukan dari dalam tubuh.

Memendam rasa sakit hati atau yang sering disebut dengan dendam sangatlah tidak baik bagi jantung. Oleh karena itu sebaiknya buang cepat-cepat rasa sakit hati yang anda miliki. Memiliki rasa dendam dapat mengakibatkan aorta pada jantung tersumbat dan efeknya darah dalam tubuh bisa mengental. Inti dari semua pembicaraan di atas adalah jantung kita akan tetap sehat jika kita hidup sehat. Karena mencegah akan jauh lebih baik daripada mengobati maka menjaga kesehatan jantung harus diutamakan. Berpikir ulanglah ketika hendak melakukan hal-hal atau aktivitas yang membahayakan jantung seperti makan makanan instan atau melakukan olahraga yang ekstrem. Makan dan lakukan semuanya sesuai porsi karena terlalu sedikit ataupun terlalu banyak keduanya tidak memerikan efek positif bagi tubuh. Ingatlah jantung kita adalah hidup kita.

Share this :

Latest
Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔