Tips Menjaga Kesehatan Jantung

05:58
Artikel Kesehatan Jantung | Apakah anda yakin bahwa jantung anda sehat? Apakah anda sudah melakukan segala hal terbaik untuk menjaga kesehatan jantung anda? Jika anda menjawab ya untuk kedua pertanyaan tersebut, ini artinya anda telah melakukan hal yang tepat untuk tubuh anda. Sayangnya, masih banyak orang yang menyepelekan fungsi jantung. Padahal, tanpa jantung yang sehat, mereka tidak dapat beraktivitas dengan bebas. Bahkan penyakit jangan memiliki risiko kematian yang sangat tinggi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk menjaga usia jantung anda. Cara pertama yang paling mudah adalah dengan melakukan olahraga rutin. Anda bisa melakukannya sendiri atau bahkan bergabung dengan pusat-pusat kebugaran untuk mendapatkan latihan yang tepat.

Latihan khusus untuk menunjang kesehatan jantung disebut dengan istilah cardio. Latihan ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Ini adalah jenis latihan yang dianjurkan bagi anda yang ingin meningkatkan kekuatan otot jantung. Selain itu, ini juga menjaga kesehatan paru-paru dan membantu menjaga sirkulasi darah dalam tubuh. Mungkin akan lebih baik jika anda memiliki instruktur pribadi untuk memilihkan program yang tepat sesuai dengan usia dan kemampuan anda. Untuk waktu terbaik, ini bisa dilakukan kapan saja asalkan tidak dalam kondisi perut kosong. Jika anda ingin melakukan latihan di pagi hari, anda harus sarapan terlebih dahulu untuk memastikan bahwa anda memiliki cukup tenaga untuk berlatih.

tips menjaga kesehatan jantung

Selain menguatkan jantung dan menurunkan berat badan, latihan cardio ternyata juga sangat efektif untuk menjaga massa otot jika dilakukan dengan porsi yang tepat. Hasil terbaik bisa anda dapatkan jika anda menjaga keseimbangan latihan dengan pola makan. Mungkin beberapa dari anda sudah paham tentang apa saja jenis makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Yang pertama dan yang paling utama tentu saja sayur dan buah-buahan. Tidak hanya untuk jantung, tapi makanan ini juga kaya akan manfaat untuk organ lainnya. Jeruk adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan sel-sel dan jaringan pada jantung.

Selain mengetahui cara mencegah penyakit jantung, anda juga perlu mewaspadai gejala yang timbul akibat penyakit tersebut. Anda harus segera berkonsultasi ke dokter jika merasakan mual, sesak napas dan nyeri pada bahu atau punggung sekaligus. Ini bisa menjadi indikasi awal serangan jantung. Gejala ini lalu akan disertai dengan meningkatnya rasa cemas dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti perut dan pergelangan kaki. Jika anda tidak segera mengonsultasikannya kepada dokter, ini bisa memicu gejala yang lebih parah dan bukan tidak mungkin kesehatan jantung anda akan terancam. Perlu anda ingat, saat anda menghadapi serangan jantung, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah tetap tenang dan mencoba untuk mengatur napas anda. Rasa cemas berlebihan justru bisa memicu serangan jantung kembali. Simak juga faktor yang berpengaruh untuk kesehatan jantung.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔