Cara Menjaga Kesehatan Mata

10:52
Artikel Kesehatan Mata | Mata merupakan salah satu panca indra manusia yang sangat penting. Coba bayangkan jika kita mengalami kerusakan pada mata atau kebutaan, pasti kita akan mengalami masalah yang sangat buruk. Kita tidak bisa menikmati dan merasakan betapa indahnya karunia Tuhan di alam semesta ini. Untuk itu, sebaiknya kita harus menjaga kesehatan mata kita dengan melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin dan berkala. Berikut cara menjaga mata agar tetap sehat.

Untuk mendapatkan mata yang sehat, anda harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi setiap hari. makanlah buah-buahan dan sayuran terutama wortel. Wortel banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, sayuran juga sangat baik untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh mata. Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin A bisa memperlambat degenerasi makular serta mencegah katarak. Selain dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, anda juga harus memeriksakan mata secara rutin setiap 12 bulan sekali. Masalah penglihatan yang tidak cepat ditangani akan berdampak buruk untuk mata anda. oleh sebab itu, hindari menggunakan lensa atau kacamata yang sudah tidak cocok dengan mata anda.

cara menjaga kesehatan mata

Anda juga harus memperhatikan penggunaan cahaya di dalam ruangan. Bekerja dengan pencahayaan yang redup akan mempengaruhi kesehatan mata, tetapi cahaya yang terlalu terang juga akan berdampak buruk. Oleh karena itu, anda harus mengatur posisi yang pas untuk mendapatkan cahaya yang terbaik. Jika anda bekerja dengan menggunakan komputer, anda bisa mengurangi tingkat kecerahan pada layar komputer anda. Hal lain yang perlu anda perhatikan untuk menjaga mata agar tetap sehat adalah dengan mengistirahatkan mata. Hampir setiap orang merasakan mata mereka menjadi tidak nyaman setelah seharian duduk di depan komputer. Hal ini disebabkan karena mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya dan ini menyebabkan mata menjadi kering. Hal yang perlu anda lakukan untuk mengurangi kondisi tersebut anda dengan memejamkan mata kurang lebih selama 5 detik sebelum memulai aktivitas kembali. Atau anda bisa memfokuskan pandangan anda ke arah benda yang berada jauh dari jangkauan anda selama beberapa menit. Anda juga bisa menggunakan filter monitor untuk mengurangi cahaya dan radiasi yang dipancarkan oleh layar monitor.

Jika anda menggunakan lensa kontak, rawatlah lensa tersebut. Menggunakan lensa kontak memang tidaklah begitu merepotkan, tetapi anda juga harus memperhatikan kebersihan dari lensa tersebut. Setiap kali anda melepas atau memakai, sebaiknya bilaslah dengan air khusus lensa. Dan selalu mengganti air yang digunakan untuk menaruh lensa ketika anda ingin tidur. Menjaga kesehatan mata sangatlah mudah. yang perlu anda perhatikan adalah menjaga agar mata agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Kita sebagai manusia tentunya tidak ingin kekurangan suatu apapun, maka dari itu kita harus menjaga dan mensyukuri atas nikmat yang telah dikaruniakan oleh Tuhan kepada kita.

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang tips menjaga kesehatan jantung dapat membaca artikel sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔