Jaga Kesehatan Mata Sejak Dini

00:44
Artikel Kesehatan Mata | Mata adalah salah satu organ yang memiliki fungsi terpenting untuk manusia. Tanpa mata, anda tidak akan bisa menikmati keindahan hidup secara optimal. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan. Ada banyak hal yang bisa memberikan dampak buruk pada mata. Sayangnya, hal ini sepertinya kurang disadari oleh kebanyakan orang. Semoga informasi berikut bisa membantu anda dalam mengetahui faktor-faktor yang bisa merusak mata. Yang pertama berkaitan dengan kebiasaan anda dalam membaca. Karena mata adalah organ yang sangat peka dan sensitif, anda harus mengatur letak buku dan cahaya dengan sebaik mungkin. Sangat dianjurkan untuk membaca buku dalam posisi duduk dengan jarak minimal 30 cm antara bahan bacaan dengan mata anda. 

Jarak baca yang terlalu dekat bisa merusak mata anda. Selain itu, pastikan bahwa anda memilih pencahayaan yang tepat. Jangan menggunakan lampu baca yang terlalu redup atau terlalu terang karena ini akan membuat mata cepat lelah. Pada akhirnya, ini akan berdampak buruk pada kesehatan mata anda. Hal ini juga berlaku pada saat anda menggunakan laptop atau PC. Akan lebih baik jika anda meletakkan screen protector pada layar PC anda untuk menghindari cahaya yang terlalu terang. Selain itu, jangan menggunakan PC di ruangan yang gelap karena cahaya yang kontras antara ruangan dengan layar monitor tidak baik untuk intensitas mata anda.

jaga kesehatan mata sejak dini

Anda juga harus membatasi penggunaan komputer setiap harinya. Tidak jarang orang-orang yang terlalu intens dalam menggunakan komputer sering mengalami rabun jauh. Ini adalah salah satu gangguan kesehatan mata yang mengharuskan penderitanya untuk menggunakan kacamata.  Membaca sambil tiduran juga bisa merusak mata. Tidak hanya untuk buku bacaan, tapi juga untuk berbagai gadget seperti handphone, tablet dan lain-lain. Maka dari itu, anda sebaiknya segera menegurkan anak-anak anda jika melakukan hal tersebut. Cacat mata seperti rabun jauh atau rabun dekat bisa sangat merugikan terutama jika diderita sejak anak-anak atau remaja. Ini bisa sangat membatasi masa depan mereka terutama di bidang lapangan kerja.

Saat anda bepergian, sebaiknya gunakan kacamata untuk melindungi mata anda. Kacamata hitam selain merupakan bagian dari fashion, ternyata juga bisa melindungi mata anda dari debu, kotoran dan sinar matahari. Selanjutnya, olahraga secara rutin juga efektif untuk mencegah masalah atau gangguan kesehatan mata. Ini karena dengan olahraga, sistem metabolisme tubuh anda bisa berjalan dengan baik. Berenang, jalan kaki atau jogging bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang menyenangkan. Jangan lupa untuk memperhatikan asupan gizi pada menu makanan anda setiap hari. Untuk menjaga fungsi mata anda, sediakan satu gelas jus wortel saat sarapan. Kandungan vitamin A pada wortel akan mencegah berbagai jenis rabun mata.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔