Menjaga Kesehatan Jantung Anda

09:12
Artikel Kesehatan Jantung | Jantung merupakan organ vital yang terdapat di dalam tubuh kita. Jantung akan selalu berdetak selama manusia masih hidup dan akan berhenti ketika manusia meninggal dunia. Tidak semua orang memiliki jantung yang sehat dan kuat. Banyak hal yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. Ketika jantung tidak bisa bekerja secara normal, ini akan mengakibatkan penyakit yang sangat parah dan aktivitas anda tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu, anda harus selalu menjaga kinerja jantung agar terus bisa memompakan darah ke seluruh anggota tubuh. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga jantung kita agar tetap sehat.

Sebenarnya, banyak cara untuk menjaga kesehatan jantung, seperti dengan olahraga rutin. Berolahraga sangat penting bagi kesehatan jantung karena ini akan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Selain itu, olahraga juga akan menjaga metabolisme tubuh anda, sehingga kerja jantung akan menjadi ringan untuk memompakan darah ke seluruh bagian tubuh. Anda tidak harus berolahraga berat, cukup dengan berjalan kaki secara rutin atau dengan membersihkan rumah itu sudah termasuk olahraga. Selain dengan rutin berolahraga, anda juga harus menghentikan kebiasaan merokok. Tentunya semua orang tahu dampak negatif dari rokok. Kandungan zat-zat yang ada di dalam rokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh terutama untuk jantung. Selain merokok bisa merugikan diri anda sendiri, rokok juga bisa mengakibatkan dampak buruk bagi orang-orang di sekitar anda.

menjaga kesehatan jantung

Untuk memperoleh jantung yang sehat, anda juga bisa mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Buah dan sayuran merupakan sumber vitamin yang sangat baik untuk kesehatan jantung kita. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran, jantung akan mendapatkan vitamin yang baik, sehingga akan mengoptimalkan kinerja jantung. Selain itu, anda juga harus mengurangi makanan yang mengandung banyak garam. Kadar garam yang berlebih di dalam tubuh akan memicu timbulnya penyakit hipertensi, sehingga bisa memperberat kerja jantung. Selain mengurangi makanan yang tinggi garam, anda juga harus menghindari minuman yang mengandung alkohol, soda serta kafein. Selain itu, banyaklah mengonsumsi kacang-kacangan, ganti camilan anda dengan kacang-kacangan seperti almond. Kacang-kacangan telah terbukti mampu menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh.

Akan tetapi, anda sebaiknya mengonsumsi kacang-kacangan dengan porsi yang sesuai karena ini mengandung kadar kalori yang cukup tinggi. Dengan porsi yang tepat, nutrisi dalam kacang-kacangan bisa menjadikan otot jantung anda lebih sehat dan membantu mengeluarkan lemak jahat. Selain menjaga pola makan, anda juga harus menjaga pola istirahat yang cukup. Beberapa penelitian menyatakan pola tidur yang salah bisa mengganggu kesehatan jantung. Kesibukan kerja dapat mengganggu jam tidur anda dan kurang tidur bisa meningkatkan risiko serangan jantung. Itu sebabnya anda dianjurkan untuk tidur kurang lebih 8 jam sehari. Sebagai makhluk hidup, hendaknya kita menjaga dan mensyukuri apa yang telah tuhan berikan.

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang jenis makanan yang menunjang kesehatan kulit dapat membaca artikel sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔