Metode yang Tepat Untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

07:58
Artikel Kesehatan Mata | Mata merupakan salah satu organ tubuh manusia yang sangat berharga. Tanpa mata, kita tidak bisa melihat indahnya dunia ini. Oleh karena itu, adalah keharusan bagi kita untuk senantiasa menjaga kesehatan mata kita dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan mata. Apa saja penyakit yang berkaitan dengan mata? Ada beberapa penyakit yang berkaitan dengan mata, seperti rabun jauh, miopi, presbiopi, hipermetropi, dan lain-lain. Kemudian bagaimana caranya menjaga mata secara alami agar senantiasa terhindar dari penyakit-penyakit mata yang telah disampaikan. Ada beberapa tips yang dilakukan agar senantiasa terjaga dari penyakit-penyakit di atas. Tips berikut merupakan cara yang sangat alami untuk membuat mata senantiasa sehat.

Pertama, perhatikan jarak membaca. Banyak orang yang kurang memperhatikan jarak membaca. Padahal jika tidak diperhatikan bisa membuat mata tidak sehat. Jarak yang ideal untuk jarak baca adalah 30 cm antara buku dan mata. Jika jarak baca tidak diperhatikan, maka akan berpotensi terkena miopi atau rabun dekat.

Kedua, jangan membaca buku sambil tiduran. Membaca buku sambil tidur sangat tidak baik bagi kesehatan mata. Hal ini bisa menyebabkan miopi atau rabun jauh. Jadi, usahakan dalam membaca buku tidak dalam posisi tiduran. Memang posisi tiduran sangat nyaman ketika sambil membaca buku. Akan tetapi, efeknya sangat tidak baik bagi mata kita.  

Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

Ketiga, atur pencahayaan yang cukup. Pencahayaan yang redup dapat mengganggu mata kita. Jadi, usahakan untuk senantiasa membuat pencahayaan yang terang sehingga tidak merusak mata.

Keempat, istirahatkan mata kita. Mata perlu diistirahatkan setelah sekian lama digunakan di depan komputer atau membaca buku. Kemudian, mencoba untuk memandang ke arah sejauh mungkin. Hal ini bisa membantu menyegarkan kembali fungsi-fungsi syaraf yang ada di mata.


Kelima, jangan mengucek mata. Mengucek mata sangat mengganggu kesehatan mata. Hal ini disebabkan kotoran yang ada di tangan kita. Jadi, ketika memegang mata, pastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih. Jika dalam keadaan kotor, maka mata akan terinfeksi dan akan berakibat buruk bagi mata kita. 

Keenam, kedipkan mata. Mengedipkan mata secara intensif ternyata bisa membuat mata sehat. Apalagi setelah sekian lama beraktivitas, mata perlu dikedipkan untuk merefresh kembali syaraf-syaraf yang ada di mata.

Ketujuh, perhatikan makanan untuk mata anda. Anda perlu mengonsumsi berbagai makanan yang bisa membuat mata sehat, contohnya yaitu wortel. Makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Mengapa? Hal ini disebabkan wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk  mata. 

Ketujuh tips di atas kiranya bisa dilakukan sebagai upaya untuk membuat mata kita senantiasa sehat. Ketujuh tips di atas merupakan cara alami untuk menjaga mata kita. Selamat mencoba.

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang menjaga kesehatan jantung dengan makanan sehat dapat membaca artikel sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔