Bahaya Softlens bagi Kesehatan Mata

11:36
Artikel Kesehatan Mata | Memiliki mata yang sehat merupakan sebuah hal yang diinginkan oleh setiap orang. Kenapa tidak, mata adalah satu satu indra paling penting dari lima indra yang dimiliki oleh manusia. Selain berfungsi sebagai indra penglihatan, mata yang cantik juga dapat mempengaruhi penampilan seseorang. Maka tidak heran jika saat ini banyak orang yang menggunakan lensa mata dengan berbagi pilihan warna yang cantik dan menarik. Namun, apakah penggunaan lensa mata atau biasa disebut softlens ini tidak berbahaya bagi kesehatan mata seseorang?

Memiliki mata yang cantik merupakan idaman bagi setiap wanita. Tidak heran jika banyak wanita yang memilih untuk menggunakan softlens dengan berbagai pilihan warna. Meski awalnya softlens awalnya berfungsi sebagai alat bantu bagi seseorang yang memiliki penglihatan minus, saat ini softlens justru digunakan sebagai fashion untuk mempercantik penampilan seseorang. Namun sayang, sebagian besar orang tidak memahami bahaya softlens jika digunakan terlalu lama. Alih-alih mendapatkan penampilan yang cantik, justru mata anda akan mengalami gangguan yang dapat membahayakan kesehatan mata anda. Oleh karena itu,  sebelum anda mengenakan softlens untuk mata anda, alangkah baiknya jika anda mengetahui bahaya softlens bagi mata anda.

Bahaya Softlens bagi Kesehatan Mata

Sebenarnya softlens memiliki fungsi penting bagi anda yang memiliki mata minus. Anda jadi tidak perlu lagi menggunakan kaca mata yang terkadang mengganggu aktivitas anda. Akan tetapi, penggunaan softlens dalam waktu berlebihan nyatanya dapat membahayakan kesehatan mata anda. Bahaya yang yang pertama yakni bisa menyebabkan iritasi pada mata. Iritasi mata merupakan bahaya yang sering terjadi pada seseorang yang menggunakan softlens. Hal ini akan membuat mata merah dan terasa perih. Untuk mencegahnya, anda bisa berhati-hati dalam menggunakan softlens. Jangan terlalu lama menggunakan benda yang satu ini serta gunakan tetes mata khusus agar tetap steril.

Bahaya selanjutnya yang terjadi karena penggunaan softlens yakni infeksi kornea. Infeksi kornea dapat terjadi karena adanya bakteri, virus dan jamur akibat kurangnya perawatan terhadap softlens yang anda miliki. Hal ini membuat kornea pada mata anda terinfeksi dan tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan mata jika tidak ditangani dengan baik. Untuk menghindari risiko infeksi pada kornea mata anda, maka sangat dianjurkan agar anda menggunakan softlens sekali pakai. Itulah beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan softlens. Bagaimanapun, anda bisa mencegahnya dengan menggunakan softlens dengan baik serta menjaga kebersihan softlens serta mata anda.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔