Hindari Kebiasaan Buruk Ini demi Kesehatan Mata Anda

12:26
Artikel Kesehatan Mata | Ada pepatah yang mengatakan bahwa seseorang bisa berbohong, tapi tidak dengan matanya. Ini artinya, mata adalah jendela hati seseorang. Dari mata, perasaan seseorang bisa jelas terlihat. Mulut bisa berbohong, tapi mata tidak. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Tanpa mata yang sehat, anda tidak akan bisa menikmati keindahan dunia. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga mata tetap sehat? Yang pertama tentu saja menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak mata. Kebiasaan tersebut antara lain membaca buku dengan tiduran, menonton tv terlalu dekat, terlalu lama menatap layar monitor atau gadget dan kurangnya konsumsi makanan sehat. 

Mari kita bahas satu per satu kebiasaan buruk tersebut. Anda disarankan membaca buku dalam posisi duduk karena ini memberikan akses yang baik bagi tubuh dan mata anda. Jika anda tidak menghilangkan kebiasaan membaca sambil tiduran, dapat dipastikan dalam waktu yang relatif singkat, anda bisa menderita rabun jauh. Ini adalah gangguan kesehatan mata paling umum yang sering dijumpai di masyarakat. Jika anda mengalami rabun jauh, anda harus menggunakan kacamata, dan ini tentu saja membuat anda tidak leluasa dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, sebelum terlambat, sebaiknya anda mulai mengubah kebiasaan buruk tersebut.

Hindari Kebiasaan Buruk Ini demi Kesehatan Mata Anda

Selanjutnya adalah menonton tv terlalu dekat. Ini biasanya dilakukan oleh anak-anak. Mereka belum tahu mengenai dampak buruk dari radiasi televisi. Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting untuk menasehati anak bahwa kebiasaan menonton tv terlalu dekat tidak baik untuk kesehatan mata mereka. Ini sama seperti kasus layar monitor PC atau laptop. Layaknya tv, monitor juga memiliki efek yang sama untuk mata terutama jika dilihat terlalu dekat dan terlalu lama.  Bagi anda yang suka bermain game online sampai larut malam, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan tersebut. Selain merusak mata, ini juga mengganggu jam tidur anda yang pada akhirnya memicu berbagai macam penyakit.


Sama seperti tv dan monitor, hal yang sama juga sering terjadi pada penggunaan gadget. Kebanyakan orang tidak sadar waktu jika telah bermain dengan gadget. Ini berdampak pada kesehatan mata. Mata yang terlalu lama menatap layar handphone lebih mudah lelah. Ini bisa menyebabkan rabun dan gangguan lainnya seperti pusing, mual dan mudah stres. Karena itu, batasi diri anda dari penggunaan gadget berlebih. Selain tidak baik untuk kesehatan, ini juga membuat anda jauh dari kehidupan sosial. Akan ada banyak momen-momen indah yang terlewatkan karena anda terlalu sibuk bermain dengan gadget anda. Dan yang terakhir adalah memperbaiki asupan nutrisi anda. Perbanyak minum air putih dan konsumsi sayur-sayuran. Ini akan menjaga mata anda tetap sehat dan indah.

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang berharganya kesehatan jantung dapat membaca artikel sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔