Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer

02:04
Menjaga Kesehatan Mata Bagi Pengguna Komputer | Mata adalah salah satu organ pemberian Tuhan yang sangat luar biasa. Kita dapat melihat keindahan alam, bekerja dengan baik, dan membaca apapun yang kita inginkan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mata  sangatlah penting terutama bagi Anda yang dalam kesehariannya sangat mengandalkan komputer atau sebut saja pengguna komputer. Berjam-jam menghabiskan waktu di depan komputer dapat menyebabkan gangguan pada mata. Banyak pengguna komputer yang kurang memperhatikan bahkan mengabaikan gangguan pada mata. Mereka menganggap ringan hal itu karena terlalu asyik dan sibuk dengan komputer mereka. Berada di depan komputer membuat anda lebih jarang mengedipkan mata. Berangkat dari hal tersebut, mata akan menjadi kering, terasa perih, dan dapat mengurangi kemampuan untuk melihat atau yang sering disebut minus.

Untuk menjaga mata agar tetap sehat sebenarnya sangat sederhana. Memasang pelindung layar atau screen protector pada layar komputer akan sangat membantu kita untuk menjaga kesehatan mata. Pelindung pada layar berfungsi untuk mengurangi kesilauan dari  cahaya yang dipancarkan komputer terhadap mata. Akan tetapi kecerahan pada layar juga harus diatur atau diseimbangkan sesuai kebutuhan.  Mengatur layar terlalu redup juga tidak baik karena akan membuat mata bekerja lebih ekstra. Jarak pandang mata terhadap layar monitor tidak boleh terlalu dekat dan tidak boleh terlalu jauh. Jarak yang terlalu dekat akan mempermudah lelah dan sakit pada mata. Untuk itu aturlah jarak yang pas yaitu kurang lebih 45cm.

Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

Ruangan yang memiliki cukup cahaya juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan mata. Cahaya yang datang dari jendela ruangan terkadang juga berlebihan, oleh karena itu sebaiknya pasang tirai pada jendela ruangan agar mudah mengatur kebutuhan cahaya. Peletakan lampu juga memerlukan posisi yang tepat. Selain cahaya, posisi kertas saat pengguna komputer hendak mengetik juga perlu diatur dengan baik. Usahakan meletakkan kertas sejajar dengan monitor anda agar mata tidak begitu lelah bolak-balik dari monitor ke kertas dan juga untuk mempercepat pengetikan. Sesekali alihkan perhatian pandangan.


Terpaku pada layar monitor terlalu lama akan menyebabkan mata terasa perih. Untuk mengatasi hal ini, alihkan pandangan ke lingkungan sekitar bila perlu istirahatlah sejenak. Istirahat tidak hanya bertujuan untuk  mengembalikan kebugaran mata tetapi juga untuk meregangkan badan. Makanan yang kita konsumsi juga  berperan penting terhadap sehatnya mata. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mata membutuhkan vitamin A. Vitamin A bisa didapatkan dari mengonsumsi buah dan sayur tertentu seperti tomat, pepaya, pisang dan lain lain. Dengan hal-hal sesederhana itu para pengguna komputer akan tetap memiliki mata yang sehat. Sebelum terjadi gangguan pada mata alangkah baiknya jika kita menjaga kesehatan mata. Bekerja menggunakan komputer dan tetap memiliki mata yang sehat adalah hal yang harus dimiliki pengguna komputer.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔