Bahaya Mengabaikan Kesehatan Mata

11:11
Kesehatan mata sangat perlu dijaga karena mata memiliki fungsi vital sebagai indera penglihatan. Mengalami gangguan pada mata akan sangat merepotkan dan memberikan ketidaknyamanan. Seperti halnya buku, mata adalah jendela kita untuk melihat dunia. Kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik dan normal menggunakan mata yang sehat. Kita bisa merasakan berharganya mata dalam kehidupan kita. Dengan sengaja atau tidak sengaja kita bisa saja mengabaikan kondisi mata kita. Karena itulah gangguan pada mata akan mulai timbul. Gangguan pada mata sangat beragam jenisnya.

Miopi adalah salah satu gangguan mata yang tidak hanya menyerang orang yang sudah dewasa. Remaja atau bahkan anak-anak bisa terserang miopi. Miopi adalah gangguan mata yang menghalangi kita untuk melihat pada jarak yang jauh. Hal ini disebabkan karena kerusakan retraktif mata. Selain gangguan untuk melihat jarak jauh ada pula kebalikannya yaitu gangguan untuk melihat jarak dekat atau yang disebut dengan hypermetropia dan sering disebut juga dengan rabun dekat. Bahaya pada mata yang selanjutnya yaitu presbiopi. Presiopi jarang terjadi pada remaja dan lebih sering terjadi pada orang yang lanjut usia atau lansia. Hal ini terjadi karena mata tidak lagi mampu berakomodasi dengan baik. Kadang hal ini terjadi walaupun orang tersebut sudah menjaga kesehatan mata.

Bahaya Mengabaikan Kesehatan Mata

Rabun senja yaitu gangguan yang menyebabkan mata sulit untuk melihat dengan pencahayaan yang kurang. Diabetes menjadi salah satu faktor penderita mengalami rabun senja. Iritasi atau peradangan pada mata juga dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan mata terutama yang disebut dengan konjungtivis. Konjungtivis menyerang selaput yang melindungi mata dan gangguan ini tidak mengenal usia bahkan bayi pun tidak dapat terhindarkan dari hal ini apabila penjagaan dari orang tuanya kurang intensif.  Matinya sebagian jaringan kornea sudah jelas menjadi salah satu faktor timbulnya gangguan pada mata. Gangguan tersebut dinamakan ulkus kornea dan dapat terjadi hanya karena kelilipan.


Bahaya yang tidak kalah menakutkan yaitu dakriosistitis yang sering disebut infeksi kantung mata. Gangguan ini mengakibatkan mata rasa nyeri,membengkaknya kelopak mata bagian bawah, dan kemerahan pada mata. Dalam hal ini air mata akan lebih sering keluar dengan sendirinya dan dengan jumlah yang berlebih. Penyebab dari gangguan ini adalah bakteri. Beberapa gangguan mata di atas ada yang dapat menuntun penderita menuju kebutaan. Kebutaan adalah gangguan mata yang sangat menyiksa penderita karena penderita tidak lagi bisa melihat indahnya dunia. Jika tidak menginginkan gangguan seperti tersebut di atas maka sebisa mungkin jagalah mata dari bahaya sekecil apapun. Jangan sepelekan kelilipan karena dapat membahayakan kesehatan mata. Mata  adalah alat untuk melihat segala keindahan yang tampak di dunia ini.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔