Tips Penting dalam Menjaga Kesehatan Jantung

07:00
Artikel Kesehatan Jantung | Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Ia memegang kendali peredaran darah ke seluruh tubuh manusia. Jika jantung terkena penyakit, tentu akan berimbas pada seluruh tubuh pula. Studi membuktikan bahwa banyak orang yang meninggal di sebabkan penyakit jantung. Biasanya penyakit jantung menyerang mereka yang mengabaikannya. Oleh karena itu kesehatan jantung adalah penting sekali seraya mengetahui hal-hal yang bisa membuat jantung tetap sehat.

Cara yang pertama, anda harus rajin-rajin berolahraga. Selain menjaga kebugaran, rajin berolahraga juga bisa membuat jantung sehat. Olahraga yang paling ampuh dilakukan adalah seperti lari-lari kecil, jalan cepat, bermain sepeda, dan jalan-jalan. Lakukanlah aktivitas olahraga ini secara teratur terutama di pagi hari maka jantung anda akan senantiasa sehat.

Kedua, meminum air putih. Untuk menjaga kesehatan jantung, anda harus meminum air putih lebih banyak dari pada biasanya. Ukuran yang paling tepat dalam mengonsumsi air minum adalah 8 gelas sehari. Patikan anda selalu mengonsumsi air minum sebanyak itu sehingga jantung anda akan senantiasa sehat.

Tips Penting dalam Menjaga Kesehatan Jantung

Ketiga, menjaga berat badan ideal. Kelebihan berat badan dapat menimbulkan banyak penyakit. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh kelebihan berat badan adalah penyakit jantung. Mengapa? Hal ini disebabkan tumpukan lemak yang ada di tubuh menghambat sistem kerja jantung sehingga jantung tidak bisa berfungsi secara maksimal.

Keempat, hindari makanan berlemak. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah dengan menghindari makanan yang berlemak. Biasanya makanan yang berlemak itu adalah makanan yang berminyak. Makanan berlemak yang terkandung dalam makanan yang berminyak akan menyumbat pembuluh darah yang digunakan oleh darah sebagai akses atau jalan utama menuju jantung. Makanan berlemak juga akan meningkatkan kadar kolesterol seseorang. Kedua efek buruk dari makanan berlemak tentu sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang. Maka dari itu, perlu dihindari makanan yang mengandung lemak-lemak jahat seperti gorengan dan makanan yang mengandung banyak minyak.

Kelima, jauhi rokok. Rokok menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan manusia. Selain bisa merusak paru-paru, merokok juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Di dalam rokok terkandung zat-zat beracun yang bisa merusak organ-organ tubuh manusia.

Keenam, tidur malam yang berkualitas. Tidur adalah saat di mana tubuh berusaha memulihkan dirinya sendiri. Orang yang memiliki tidur berkualitas maka akan terjaga kesehatannya, terutama jantungnya. Kurang tidur berisiko dua kali lipat terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, tidurlah yang berkualitas, yaitu tidur selama 8 jam penuh sehingga bisa menjaga kesehatan jantung anda.

Tips enam di atas, apabila dijalankan dengan baik, maka jantung anda senantiasa terjaga kesehatannya dan akan terhindar dari penyakit-penyakit yang berbahaya lainnya. Pepatah mengatakan, lebih baik mencegah dari pada mengobati. Tips di atas merupakan upaya pencegahan sebelum terlanjur mengalaminya.

Bagi anda yang membutuhkan informasi tentang pentingnya merawat kesehatan kulit bagi wanita dapat membaca artikel sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Artikel Kesehatan ✔